SELAMAT DATANG DI BLOG YONGKIRUDI......"Jalani Hidup Ini Dengan Rasa Syukur"

Wednesday, November 30, 2016

Sistem Operasi


Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan Komputer

  1. NETWARE Netware, adalah sistem operasi jaringan yang paling populer dalam tahun 1980-an dan 1990-an dan merupakan sistem operasi jaringan dari Novell Inc.,. pada pertengahan tahun 1990-an telah dibangun lebih dari sejuta jaringan berbasis Netware.Bila bandingkan dengan sistem operasi jaringan lainnya saat itu, Netware jauh lebih friendly digunakan dan terkenal dengan “kebandelannya”. Sekali jaringan yang berbasis Netware berhasil dibangun dan dijalankan maka biasanya sangat jarang mengalami kendala teknis dalam pengoperasiannya.
  2. WINDOWS Windows yang pertama kali memperkenalkan Sistem operasi jaringan adalahWindows NT (Network Technology). Sistem operasi jaringan ini dibuat dalam dua versi yaitu Windows NT Server untuk server jaringan dan Windows NT Workstation untuk komputer simpul atau workstation. Setelah berkiprah selama lebih dari lima tahun Windows NT kemudian berganti versi yang lebih baik yaitu Windows 2000, juga tersedia dalam versi erver dan versi Workstation. Selanjutnya, Windows 2000 juga diganti dengan Windows 200 juga dalam versi Server dan versi Workstation. Perlu diingat bahwa perangkat komputer yang berbasis Windows (95, 98, ME, XP) dapat langsung dihubungkan ke jaringan berbasis sistem operasi jaringan Windows (NT, 2000, 2003). Bahkan sistem operasi Windows XP dikembangkan dengan mengadopsi teknologi jaringan yang diimplementasikan pada Windows NT.
  3. LINUX Linux adalah nama kernel atau inti dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Linus Torvalds dan diperkenalkan pada bulan September 1991. Sekarang ini, pengembangan Linux mencakup hampir semua jenis software untuk pekerjaan sehari-hari. Sistem operasi Linux juga dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi seperti word processing(pengolah kata), spreadsheet (lembar kerja), multimedia dan Internet. Berbeda dengan sistem operasi lain yang hanya dimiliki oleh satu atau beberapa orang atau perusahaan, Linux bisa dimiliki oleh perorangan dan organisasi atau perusahaan dari negara manapun juga. Linux adalah salah satu sistem operasi open source yang bisa diatur sesuka hati oleh pengguna, dari sistem sampai dengan aplikasi. Pengguna dapat menginstall apapun yang ia butuhkan. Open Source memiliki makna yang hampir sama dengan free software, yaitu kode program tersedia atau terbuka, sehingga siapa pun dapat mempelajari, mengubah, dan menyebar- luaskan kembali hasil perubahannya itu. Open Source dimaksudkan antara lain untuk mengimbangi dominasi tunggal Microsoft Inc. terhadap sistem operasi PC dan sistem operasi jaringan. Walaupun demikian, semua distro Linux itu memiliki kesamaan yaitu bisa dijalankan dengan mode teks, dan dapat ditambah program grafis untuk bekerja dengan mode grafis atau GUI (Graphical User Interface). Hal ini berbeda dengan OS Windows yang hanya berfungsi penuh jika ada GUI. Yang membedakan suatu distro Linux dengan distro yang lain adalah cara instalasi dan administrasi. Misalnya, Knoppix adalah distro Linux yang dapat langsung digunakan tanpa harus dipasang (install) di harddisk. Sedangkan Mandrake sebelum bisa digunakan harus diinstal ke harddisk terlebih dahulu, dan sulit bagi pemula Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sistem operasi Linux, dewasai inisudah mulai populer dan banyak digunakan sebagai sistem operasi jaringan komputer.

No comments:

Post a Comment